Penguatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Workshop Kolaboratif Reflektif Pengembangan Pembelajaran Materi Regresi Linier Berbantuan Teknologi Bagi Guru Matematika SMA

Penulis

  • Sri Hastuti Noer Universitas Lampung
  • Widyastuti Widyastuti Universitas Lampung
  • Mella Triana Universitas Lampung
  • Pentatito Gunowibowo Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/10.23960/rp/v5i1.hal.1-11

Kata Kunci:

kolaboratif reflektif, regresi linier, profesionalitas

Abstrak

Pendidik profesional harus terus memperbarui empat kompetensi utama, termasuk kompetensi profesional. Dengan adanya perbaikan struktur kurikulum dan tuntutan adaptif dari berbagai sektor, guru dituntut untuk meningkatkan profesionalitasnya. Dalam konteks kurikulum merdeka, guru menghadapi tantangan dalam pengembangan pembelajaran, khususnya dalam pendalaman konsep. Survei menunjukkan bahwa guru matematika SMA di Bandar Lampung sangat membutuhkan pendalaman konsep statistika regresi, yang merupakan bagian dari kurikulum merdeka, dan 100% guru melaporkan bahwa siswa kesulitan memahami materi tersebut. Oleh karena itu, kegiatan workshop kolaboratif reflektif pengembangan pembelajaran materi regresi linier berbantuan teknologi bagi guru matematika Kota Bandar Lampung dilaksanakan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran konsep regresi linier. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest, dengan hasil menunjukkan peningkatan pemahaman peserta. Rata-rata skor meningkat dari 35,75 menjadi 62, dengan N-Gain sebesar 0,39 (kategori sedang). Meskipun sebagian besar peserta mengalami peningkatan di kategori sedang, antusiasme tinggi terlihat dalam penggunaan software SPSS, meski beberapa guru menghadapi kesulitan teknis. Rekomendasi untuk pelatihan berikutnya adalah memberikan lebih banyak waktu eksplorasi mandiri untuk adaptasi teknologi.

Diterbitkan

2025-10-28