Pemahaman Guru SMA IT Lampung Timur pada Pelatihan Aplikasi Design School Exam

Penulis

  • Pramudiyanti Universitas Lampung
  • Margaretha Karolina Sagala Universitas Lampung
  • Daniel Rinaldi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/10.23960/rp/v5i1.hal.12-22

Kata Kunci:

aplikasi DSE, pemahaman guru, ujian online

Abstrak

Profesionalitas guru di antaranya keterampilan guru mengelola kelas. Pada umumnya keterampilan guru dipengaruhi oleh lama waktu mengajar dan pengalaman mengikuti pelatihan di sekolah. Keberadaan sistem ujian online dengan melalui jaringan lokal yang ada di sekolah merupakan rumusan terbaru dalam melakukan evaluasi pembelajaran peserta didik. Sistem ujian online dapat mempermudah pelaksanaan proses ujian secara berlangsung dan proses dalam penilaian siswa. Tujuan Pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman guru SMAIT Baitul Muslim dalam menggunakan aplikasi DSE (Design School Exam). Metode pengabdian yang digunakan, metode ceramah, diskusi, dan coaching. Sasaran pengabdian ini adalah para guru SMAIT Baitul Muslim berjumlah 19 orang Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis. Tes terdiri dari 10 pertanyaan pilihan ganda. Data yang diperoleh adalah data hasil tes berupa angka yang dianalisis secara deskriptif sederhana. Indikator keberhasilan pengabdian adalah peserta mampu menggunakan aplikasi DSE. kegiatan pelatihan dan pendampingan guru SMAIT Baitul Muslim dalam menggunakan aplikasi DSE telah berhasil. Peningkatan kemampuan guru dalam memahami aplikasi DSE sebanyak 14,8 poin atau meningkat 16%. Penggunaan aplikasi yang belum dipahami oleh beberapa guru yaitu terkait cara guru dalam mempersiapkan soal ujian dan fitur yang memungkinkan guru dapat meninjau hasil ujian siswa.

Diterbitkan

2025-09-05