Sains Kreatif: Percobaan Edukatif dan Aman dengan Bahan Sehari-hari (Pembuktian Adanya Gas Cl2 dari Hasil Reaksi)

Authors

  • Sunyono Sunyono Universitas Lampung
  • Viyanti Viyanti Universitas Lampung
  • Hermi Yanzi Universitas Lampung
  • Sri Hastuti Noer Universitas Lampung
  • Jihan Tama Farasiska Universitas Lampung
  • Anita Fitria Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/rp/v5i1.hal.35-45

Keywords:

eksperimen, pengabdian kepada masyarakat, sains kreatif, STEM

Abstract

Sains merupakan salah satu bidang yang memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak semua siswa memiliki akses ke laboratorium dan peralatan sains yang canggih. perlu adanya pendekatan kreatif yang dapat membawa pengalaman praktikum sains ke dalam lingkungan rumah. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan tema kegiatan Creative Science: Fun and Safe Experiments With Everyday Materials (Proof Of The Presence Of Cl2 Gas From A Reaction Product) bertujuan untuk membantu menutup kesenjangan pendidikan dengan menyediakan sumber daya untuk memastikan semua siswa dapat mengakses pendidikan STEM yang berkualitas, Kedua, menumbuhkan minat dan kemahiran awal dalam mata pelajaran Sains. Ketiga, mengatasi masalah lokal dengan menerapkan solusi ilmiah dan teknologi, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Target khusus kegiatan ini memungkinkan siswa untuk terlibat dengan konsep dan alat ilmiah, memperdalam pemahaman dan apresiasi siswa terhadap STEM, sehingga membantu siswa yang tidak hanya menggunakan pengetahuan siswa tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama tim. Metode kegiatan ini salah satunya ialah dengan memberikan materi sains yang kreatif dalam bentuk eksperimen yang aman dan menyenangkan dengan alat dan bahan yang dapat ditemukan dalam kegiatan sehari-hari, dengan eksperimen yaitu Proof of the Presence of Cl2 Gas From a Reaction Product. Sasarannya melalui kegiatan eksperimen dengan pendekatan kreatif, siswa akan dibimbing dan diajarkan dalam melakukan ekperimen yang bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana. Sehingga hal tersebut dapat menjadi solusi yang efektif dalam membawa pengalaman praktikum sains kedalam lingkungan rumah. Kegiatan ini ini dilakukan di SMK Mutiara Rini, Sekudai, Johor Bahru, Malaysia, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pendidikan, memecahkan masalah lokal, dan menginspirasi generasi mendatang.

References

Ekawati, R., Indana, S., Artiono, R., Novita, D., Trimulyono, G., & Arif Mahdiannur, M. (2025). Improving Teachers’ STEM Competence: Impact of A Collaborative Professional Development Workshop Article Info. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 9(1), 15–26. https://doi.org/10.22437/jkam.v9i1.42481

Fathoni, I., Gunawan, A., & Gusmaneli. (2024). Kurikulum STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics): Mempersiapkan Siswa untuk Masa Depan yang Berorientasi Teknologi. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan.

Hoidn, S., & Karkkainen, K. (2014). Promoting Skills For Innovation In Higher Education: A Literature Review On The Effectiveness Of Problem-Based Learning And Of Teaching Behaviours (Oecd Education Working Papers, Vol. 100). https://doi.org/10.1787/5k3tsj67l226-en

Hudaya, P., Akhyaruddin, Pratama, D. R., Rahmawati, & Nurfadilah. (2025). Peningkatan Literasi Stem Melalui Pelatihan Pemanfaatan Candi Muaro Jambi Sebagai Sumber Belajar. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(4), 585–595. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.650

Khoirunnisa, H., Mulyadewi, A., Apryandi, F., Ariantara, R. G., Latuheru, A., & Artikel, R. (2025). Transformasi pembelajaran STEM untuk peningkatan kompetensi guru melalui penggunaan drone-kit. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 6(4). https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i4.24219

Kunti Sundari, W., Marianti, A., Ridlo Prodi Pendidikan Biologi, S., & Negeri Semarang Jl Raya Sekaran, U. (2024). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Imun. Prosiding Semnas Biologi XII Tahun 2024 FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Permatasari, A., Dwi, A., Cahyani, R., Syihab, H. T., Rohmawati, L., & Sulistina, O. (2024). Review: Stem Approach In Developing Science Literacy Skills. UNESA Journal of Chemical Education, 13(3), 258–268.

Pitiporntapin, S., Butkatanyoo, O., Piyapimonsit, C., Thanarachataphoom, T., Chotitham, S., & Lalitpasan, U. (2024). The Influence Of Outdoor Stem Activities On Students’ Stem Literacy: A Study Of Elective Subjects, Extracurricular Activities, And Student Clubs. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(2), 265–273. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i2.183

Reyza, M., Taqwa, A., Ardiansyah, A. A., & Nurhidayat, M. A. (2020). STEM on Science Learning in Indonesia: An Opportunity and A Challenge. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 3, 160–170. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i3.27809

Sung, E., Han, J., & Kelley, T. R. (2025). Enhancing STEM Attitudes of Rural High School Students through Engineering Design-Based Learning. Journal of Technology Education, 36(2), 113–137. https://doi.org/10.21061/jte.v36i2.a.6

Published

2025-09-10