Pendampingan Pembuatan Modul Ajar dan Gambar Tematik Menggunakan Canva Bagi Guru TK Aisyiyah Hadimulyo

Authors

  • Sutrisni Andayani Universitas Muhammadiyah Metro
  • M. Ihsan Dacholfany Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sudarman Sudarman Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sujino Sujino Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.23960/rp/v5i1.hal.23-34

Keywords:

Modul Ajar, Canva

Abstract

Mitra pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru-guru Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah se-PCA Hadimulyo, yaitu TK Aisyiyah Hadimulyo Barat dan Hadimulyo Timur, yang masih terkendala dalam membuat modul ajar tematik dan media gambar yang lebih praktis, cepat dan menarik. Oleh karena itu perlunya pelatihan dan pendampingan dalam membuat modul ajar dan media gambar tematik menggunakan canva. Tujuan pengabdian ini adalah: Mitra memiliki pengetahuan dan ketrampilan membuat modul ajar tematik dan media gambar menggunakan canva. yang dilakukan melalui: 1) Sosialisasi, bertujuan agar mitra memahami pentingnya menyusun modul ajar tematik dan media gambar menggunakan canva, 2) Pelatihan, guru diberikan materi dan praktek menyusun modul ajar tematik dan gambar menggunakan canva, bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan guru, 3) Pendampingan, dilakukan melalui pembimbingan kepada guru, 4) Evaluasi, untuk mengetahui apakah guru trampil menyusun modul ajar tematik dan gambar menggunakan canva, Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah: mitra memliki ketrampilan membuat modul ajar tematik dan media gambar menggunakan canva. Mitra merasa tertarik dan trampil menyusun modul ajar tematik dan membuat gambar dengan canva. Saran yang diberikan yaitu agar diberikan pelatihan bervariasi untuk meningkatkan inovasi guru.

Published

2025-10-31